Database

Share on :



        Database adalah kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien, sebagai contoh database adalah buku telepon. Sebagaimana dengan sistem database secara manual, sistem database dengan menggunakan komputer akan lebih mudah untuk diupdate dan dicari. Software atau aplikasi yang bertugas untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data disebut dengan database engine, yang lebih resminya disebut DBMS (Database Management System) (Hariyanto, 1996 : 1).
Ada banyak sekali aplikasi DBMS ini mulai yang berjalan dikomputer personal sampai ke kompoter berskala mainframe, contohnya : SQL Server dibuat oleh Microsoft, Firebird dibuat oleh komunitas open dan amsih banyak lagi sederet nama database engine yang ada di dunia.
Berikut ini contoh sistem komputerisasi yang menggunakan database:
a. Sistem ATM (Automatic Teller Machine).
b. Sistem reservasi tiket pesawat terbang.
c. Sistem perpustakaan yang berbesis komputer.
Contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari aplikasi yang membutuhkan database, karena pada kenyataanya semua kegiatan bisnis yang dikomputerisasikan pasti membutuhkan databasae sebagai media penyimpanan. Database tersebut selain digunakan untuk menyimpan transaksi juga digunakan untuk menampilkan laporan.

1 comments:

Unknown said... January 6, 2014 at 1:19 AM

Keren sob

www.kiostiket.com

Post a Comment and Don't Spam!